Salah satu topik yang menarik dalam sesi ke-5
Mata Kuliah Isu-isu Kontemporer Informasi yaitu Social Listening. Apakah yang dimaksud dengan social listening? Penulis penasaran dengan social listening yang merupakan salah satu aktifitas yang istimewa
dalam era revolusi informasi dewasa ini. Apakah social listening dapat diterapkan untuk mengembangkan perpustakaan?
Penulis akan mencoba mengupas topik mengenai social listening dan aplikasinya dalam perpustakaan.
Social listening adalah proses
pemantauan percakapan digital untuk memahami apa yang pelanggan katakan tentang
merek dan industri online. Pengertian mengenai social listening menurut Zoe Summers (2015) adalah proses pencarian
dalam website dan ruang-ruang sosial
mengenai perusahaanmu, kompetitormu dan topik-topik yang menarik perhatian
publik.
Social
listening berkembang
seiring dengan begitu masifnya ledakan informasi di era globalisasi. Istilah social listening merupakan kegiatan
pengamatan terhadap isu-isu dan topik-topik yang sedang dibicarakan di media
sosial. Dunia marketing sebagai salah satu pengguna Social listening, tidak menggunakannya untuk mengetahui dampak
program pemasaran melainkan sebagai salah satu cara untuk mengidentifikasi
informasi dalam setiap percakapan di media sosial. Isu, topik, kicauan,
celotehan dan update informasi setiap pengguna media sosial merupakan tambang
emas bagi pegiat social listening.
Manfaat social
listening menurut Summers (2015) yaitu:
- Generate Leads by Solving Problems; Peluang untuk menjangkau customer adalah dengan menemukan “kata kunci” berbagai masalah yang dihadapi mereka. Jadilah solusi untuk masalah-masalah yang dihadapi oleh customer.
- Attract New Customers; Lakukan brainstorming untuk setiap kata kunci/ istilah yang populer di media sosial. Bergabunglah dengan tulus dalam setiap percakapan dan diskusi mengenai istilah/ topik yang populer tersebut. Apabila ada salah satu target customer yang tertarik pada postingan anda jangan lupa untuk menawarkan bantuan dan panduan selanjutnya.
- Identify Influencers and Advocates; Setelah produk baru diluncurkan atau ada pembaruan, telusuri siapa saja yang berbagi informasi mengenai kegiatan tersebut. Informasi ini akan membantu anda menemukan siapa saja yang mempunyai pengaruh dalam dunia bisnis anda. Buatlah hubungan relasi dengan mereka yang telah berbagi informasi tersebut. Lakukan identifikasi pada setiap pendukung bisnis anda. Cari, temukan dan berikan penghargaan khusus kepada mereka. Jaga mereka dalam setiap pertumbuhan bisnis anda. Kepuasan pelanggan adalah kunci suksesnya pemasaran.
- Discover Where Your Community Hangs Out; Social listening memungkinkan anda untuk mencari tahu dimana saja adanya potensi setiap orang membicarakan topik-topik yang sedang populer, facebook, twitter, blogs. Bergabunglah dalam setiap percakapan tersebut.
- Improve Customer Care; Dengan social listening anda dapat langsung mengidentifikasi setiap umpan balik baik yang positif maupun negatif. Jangan lupa untuk melakukan penelusuran terhadap setiap akun yang telah menyebutkan produk anda dalam postingan mereka. Penelusuran juga dilakukan terhadap setiap ada yang salah mengeja nama merk produk anda. Hal ini akan memberi kesempatan kepada anda untuk memberikan penghargaan terhadap komentar yang positif dan menanggapi pelanggan yang kecewa. Setiap pelanggan yang menulis masalah dengan produk anda, adalah peluang anda memberikan mereka solusinya.
- Get Feedback on Products; Social listening akan membantu anda mengidentifikasi potensi awal masalah dalam setiap keberlangsungan produk yang anda luncurkan. Lacak setiap pelanggan yang menyebutkan produk anda, apabila ada kelemahan/ kekurangan masukan isu tersebut ke tim pengembang produk anda agar bisa diperbaiki secepatnya. Selanjutnya tangapi masalah yang dihadapi pelanggan secara langsung melalui e-mail pribadi anda agar lebih humanis dan ramah.
- Find Top Talent; Bagian SDM perusahaan anda juga dapat memperoleh keuntungan melalui social listening. Merekrut calon pegawai yang berbakat merupakan tantangan tersendiri. Melalui social listening anda dapat memperoleh informasi di berbagai forum, grup, blogs, mengenai kandidat-kandidat terbaik dengan keahlian yang luar biasa.
- Drive Innovation; Dengarkan setiap percakapan di media sosial dan gunakan informasi yang anda peroleh untuk mencari tahu apa saja kebutuhan mereka.
Penulis akan mencoba untuk mengaplikasikan social listening untuk pengembangan perpustakaan
sebagai berikut:
- Buatlah daftar kata kunci setiap masalah yang sering dilontarkan oleh pengguna perpustakaan. Kemudian berikan solusi untuk setiap masalah yang dihadapi pengguna.
- Buatlah telaahan mengenai topik-topik yang sedang populer diperbincangkan di media sosial. Kemudian bergabunglah dalam percakapan di media sosial. Perhatikan apabila ada pengguna yang membutuhkan informasi lanjut mengenai topik tersebut jangan ragu untuk menawarkan bantuan.
- Ketika perpustakaan mengadakan peluncuran layanan baru atau merilis buku-buku koleksi terbaru, perhatikan siapa saja yang menggunggah dan berbagi informasi seputar kegiatan tersebut. Jalinlah hubungan relasi dengan mereka, berikan perhatian khusus pada setiap postingan yang mereka unggah. Lakukan pemetaan topik-topik apa saja yang mereka bicarakan dalam media sosial.
- Bergabunglah dengan pengguna dalam berbagai jejaring media sosial. Membuat akun perpustakaan dalam facebook, Instagram, twitter, WhatsApp, dan sebagainya bermanfaat untuk menambah pengetahuan informasi yang sedang populer dibicarakan oleh pengguna, jangan ketinggalan.
- Social listening akan memudahkan perpustakaan dalam mengidentifikasi setiap umpan balik baik yang positif maupun negatif mengenai perpustakaan. Berikan apresiasi kepada pengguna yang menanggapi positif layanan perpustakaan. Dengarkan setiap keluhan dan respon negatif dari pengguna apabila diperlukan mohon maaf merupakan tindakan tepat untuk menarik simpati pengguna kembali.
- Social listening akan membuat perpustakaan mengetahui lebih lebih dini potensi-potensi hambatan dan masalah dalam layanan informasi perpustakaan. Telusuri setiap komentar pengguna mengenai perpustakaan kemudian kumpulkan daftar informasi tersebut. Jadikan setiap kritik, respon negatif, dan keluhan pengguna untuk masukan dalam program pengembangan perpustakaan. Apabila ada pengguna yang mengalami kesulitan dalam mengakses layanan dan koleksi, jangan ragu untuk membantunya baik langsung maupun melalui e-mail pribadi.
- Melalui social listening akan didapatkan informasi mengenai potensi kandidat-kandidat terbaik untuk menambah sumber daya manusia perpustakaan.
- Dengarkan dan simak setiap kicauan, posting, unggahan, dan percakapan pengguna dalam media sosial dan gunakan informasi-informasi tersebut untuk mencari tahu apa saja kebutuhan mereka.
Untuk menunjang aktifitas social listening pilihan tools
yang dapat digunakan cukup beragam antara lain yaitu:
- Google alerts (https://www.google.com/alerts) ; salah satu tools yang ampuh untuk melacak setiap mentions mengenai produk dan topik-topik menarik lainnya di internet.
- Quora (https://www.quora.com/) ; Tools lainnya untuk mengetahui respon dan percakapan pengguna/ customer.
- Social Mention (http://www.socialmention.com/) ; berfungsi hampir sama dengan Twitter’s Advanced Search, hanya saja dengannya anda akan dapat mencari di media lainnya sejenis twitter.
- Microsoft Social Engagement (https://www.microsoft.com/en-us/dynamics/crm-social.aspx) ; merupakan software yang dirilis Microsoft untuk mengetahui gambaran tentang apa yang sedang menjadi perbincangan di jejaring sosial.
- Keyword tools (http://keywordtool.io/) ; untuk mengetahui kata kunci yang biasa digunakan pengguna google search.
Menurut Daniel Newman (2014) bahwa social listening adalah aktifitas sosial.
Penggunaan tools tersebut adalah untuk memudahkan kegiatan mendengar setiap isu
dan topik dalam percakapan pengguna media sosial.
Apabila diperhatikan
dengan seksama social listening dapat
digunakan perpustakaan sebagai upaya pro aktif untuk memperoleh informasi yang
akurat mengenai berbagai hal. Informasi yang akan memudahkan untuk memperbaiki
dan mengembangkan perpustakaan, meraih kandidat-kandidat dengan kompetensi yang
teruji untuk pengembangan SDM, solusi untuk setiap keluhan masalah dan
hambatan, informasi yang tepat untuk pengguna dan sebagainya. Demikian
sekelumit ulasan mengenai social
listening dan aplikasinya dalam perpustakaan, semoga bermanfaat.
DAFTAR PUSTAKA
Priyanto, Ida Fajar. 2016. Memory,
Cognition, and Disruptive Technology, Materi Kuliah Isu-isu Kontemporer
Informasi. Yogyakarta: Program Studi Kajian Budaya dan Media Minat Studi
Manajemen Informasi dan Perpustakaan UGM.
Summers, Zoe. 2015. 8 Ways to Use Social Listening for Your Business (Online). (http://www.socialmediaexaminer.com/8-ways-to-use-social-listening-for-your-business/. Diakses 13 September 2016)
Trackmaven. 2016. Social
Listening (online). (http://trackmaven.com/marketing-dictionary/social-listening/. Diakses 13 Spetember 2016)
Newman, Daniel. 2014. Social Listening Enables Social Business (Online). (http://www.forbes.com/sites/danielnewman/2014/08/26/social-listening-enables-social-business/#511a8a675818.Diakses 14 September 2016)
Nistanto, Reska K. 2015. Software Microsoft Menganalisa "Brand" Lewat Medsos (Online). (http://tekno.kompas.com/read/2015/09/19/15570037/Software.Microsoft.Menganalisa.Brand.Lewat.Meds. Diakses 14 September 2016)
Social listening akan mampu menjadi sumber kekuatan untuk mengantisipasi pasar ke depannya dan belajar dari trends yang terjadi di publik.
BalasHapusIya benar Pak Ida, pegiat marketing sudah merasakan manfaat yang luar biasa dari social listening. Produk-produk yang sukses di pasaran tidak terlepas dari hasil menyimak dan menganalisis trends dan antisipasi ke depan.
Hapuswahh ternyata sosial listening bisa sangat membantu untuk memaksimalkan pelayanan perpustakaan.
BalasHapusiya Mba Merry, banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan mendengarkan isu-isu dan topik yang dibicarakan pengguna perpustakaan di media sosial :)
Hapusartikelnya mak nyuss.. bisa jadi sarana problem solving dan berinovasi,. ini apa bisa dikatakan sama dengan proses pengelolaan data u' mmproleh informasi nas dani?
BalasHapusiya bisa Mas Verry, hanya saja dalam sosial listening cakupan data dan informasinya lebih luas lagi :D
HapusSip mas dani sy jd inget dl d tempat sy kerja ada kotak yg isinya kertas2 kritik dan saran yg kadang malah g kebaca,,dng social listening kita akan tetjalin hub harminis dgn user krn masalah cepat teratasi..
BalasHapusIya mba tiwi,social listening dapat menjadi salah satu cara menjalin relasi dengan pengguna dengan catatan tetap mendengarkan & netral :)
HapusSip mas dani sy jd inget dl d tempat sy kerja ada kotak yg isinya kertas2 kritik dan saran yg kadang malah g kebaca,,dng social listening kita akan tetjalin hub harminis dgn user krn masalah cepat teratasi..
BalasHapusnew insight nih...bs buat ilham utk materi tesis he3
BalasHapussalah satu thpan social listening trkait dg kritik dari pengguna jg sdh dilakukan pd manajemen pelayanan
Iya ayo Mba Fida lanjutkan jd topik thesis :D memang banyak topik menarik dalam isu-isu informasi Kontemporer ya
HapusSosial listening menjadi penting juga ya untuk merencanakan pengembangan perpustakaan. manjadi masukan untuk membuat AD/ART perpustakaan.. Mantap!
BalasHapus